Thursday, March 8, 2012

Kota Metropolitan terbanyak di seluruh negara

Kota Metro terbanyak di seluruh negara - 40 Kota metropolitan, termasuk Jakarta, dianggap memiliki kinerja ekonomi baik selama 2011


Negara Paling Banyak Punya Kota Metro Terbaik

Kota Shanghai, China (Courtesy of Gensler)
Laporan terbaru Global Metro Monitor 2011 dari Metropolitan Policy Program, Brookings Institute mengungkapkan daftar 200 kota metropolitan paling produktif di dunia. Dalam daftar tersebut, Jakarta masuk dalam urutan ke-17 mengalahkan Kuala Lumpur, Singapura, dan Hong Kong.

Dari laporan yang diperoleh VIVAnews.com, Rabu, 7 Maret 2012, dilaporkan bahwa sebanyak 40 dari 200 kota metropolitan masuk dalam kriteria kinerja perekonomian terbaik dibandingkan kota-kota lain di dunia.

Penilaian yang didasarkan pada pendapatan dan jumlah tenaga kerja ini menemukan fakta bahwa selama tahun 2011, negara-negara berkembang mendominasi daftar 200 kota metropolitan di dunia yang memiliki kinerja perekonomian tertinggi. Dari kawasan ini, sebanyak 12 kota metropolitan di China mendominasi daftar 40 terbaik. "Mulai dari Shanghai di posisi pertama hingga Chongqing di posisi ke-35," ungkap laporan itu.

Di antara negara berkembang tersebut, tercatat juga kota metropolitan seperti Mumbai (India), Jakarta (Indonesia), Kuala Lumpur (Malaysia), dan Bangkok (Thailand) dalam daftar 40 kota metropolitan terproduktif di dunia.

Brookings Institute juga mencatat sebanyak 12 negara dari Amerika Latin masuk dalam daftar kota metropolitan dengan kinerja perekonomian tertinggi. Dari daftar 40 terbesar, terdapat kota-kota seperti Santiago (Chili), Buenos Aires (Argentina), Monterrey (Meksiko), Lima (Peru), Bogota (Kolombia), Brasilia, Belo Horizonte, dan Sao Paolo ( Brasil).

Sementara tiga kota dari Turki yaitu Izmir, Ankara, Istanbul mencetak sejarah dengan masuk dalam jajaran 10 besar dunia. Kinerja ekonomi yang kuat membuat Turki muncul sebagai negara dengan perekonomian positif di antara negara Eropa Timur dan Asia Tengah.

Dari kawasan Amerika Utara dan Eropa Barat, hanya tercatat 4 kota metropolitan yang masuk daftar 40 besar dunia. Keempat kota itu adalah Houston dan Dallas (Amerika Serikat), Stuttgart (Jerman), dan Stockholm (Swedia).
Eropa dan AS Posisi Terbawah
Kondisi krisis yang menimpa Eropa dan Amerika Serikat membuat kota-kota metropolitan di kedua kawasan tersebut menempati posisi terbawah diantara 200 metropolitan lainnya. Sebanyak 31 dari 40 daftar metropolitan dengan kinerja terendah berasal dari kota-kota di AS dan Eropa Barat. Mereka bergabung dengan 7 kota metropolitan di Jepang yang terpengaruh bencana gempa bumi dan tsunami.

Selain negara-negara tersebut, Mesir juga menyumbang dua kota yaitu Kairo dan Alexandria sebagai kawasan metropolitan dengan pertumbuhan ekonomi lambat. Kondisi politik yang memanas membuat kedua kota tersebut tak bisa mencetak kinerja maksimal.
Sebagai informasi, analisa yang dibuat Brooking Institute, organisasi nirlaba di bidang kebijakan publik yang berbasis di Washington, AS, didasarkan pada pendapatan per kapita dan penambahan jumlah tenaga kerja sejak tahun 2010 hingga 2011.

Penilaian dilaksanakan terhadap 200 kota metropolitan di dunia yang mewakili 48 persen produksi global. Namun, keberadaan mereka hanya 14 persen dari populasi dan tenaga kerja di seluruh dunia.

Indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja ekonomi kota metropolitan ini di antaranya produk domestik bruto (PDB), produksi industri, jumlah tenaga kerja, pendapatan, dan populasi. (umi)
Sumber Kota Metro terbanyak di seluruh negara : VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

Lagi Hot