Wednesday, March 7, 2012

Optimasi Kontes SEO

Optimasi Kontes SEO
Kita tahu saat ini banyak sekali kontes seo yang beredar dimana-mana, khususnya di Indonesia dengan hadiah yang wow tentunya. Apa sih untungnya memang mengadakan kontes seo itu? Dari segi seo memang kontes seo akan memberikan backlink yang banyak tentunya, karena pada saat membuat artikel kontes, ada banyak penyelenggara yang mengharuskan mencantumkan backlink ke arah situs yang sudah ditentukan. Namun ini hanya berlaku untuk penyelenggara yang memberlakukan peraturan ini. Dari segi lainnya, tentu akan sangat banyak sekali. Jika situs penyelenggara mempunyai produk yang ingin dipasarkannya, tentu dalam seo kemungkinan penjualan akan melesat sangat pesat, ya tentunya dengan kualitas produk yang dijual juga.


Saya tidak akan membahas terlalu panjang untuk keuntungan mengadakan kontes seo ini, saya kira sobat semua sudah mengerti. Nah sekarang jika kita sebagai peserta, bagaimana sih optimasi kontes seo itu? Memang saya bukan seorang master, bukan seorang yang bisa seo, namun saya hanya seorang blogger yang masih belajar seo dan akan share pengalaman pribadi saya selama mengikuti kontes seo seperti kontes seo sumber berita cerita inspirasi motivasi dunia terbaru - beritama.com.

Kontes SEO bukanlah optimasi postingan seperti biasanya, memang tehniknya sama namun memerlukan kerja keras dan tehnik yang lebih advanced untuk mengikuti kontes seo ini, apalagi jika kontes seo yang dengan hadiah yang besar tentu akan semakin banyak pula persaingan. Pada kontes seo, kita akan menghadapi puluhan, ratusan bahkan ribuan peserta kontes, mereka terkadang mengikuti kontes seo untuk mendapatkan hadiah, mengetest kemampuan seo mereka ataupun ingin mencoba pengalaman baru dalam dunia kontes seo. Dan lebih beratnya lagi, tiap peserta kontes akan mengoptimasi artikelnya selama kontes berlangsung. Berbeda dengan optimasi artikel biasa, kita tidak akan diberi tenggang waktu untuk optimasi sehingga kita bebas untuk optimasi postingan. Disini saya akan memberikan beberapa tips untuk blogger pemula yang ingin mengikuti kontes seo.

Hal-hal yang Perlu Diingat Selama Mengikuti Kontes SEO

1. Pahami Aturan Kontes SEO
Nah inilah yang menjadi awal dan kunci utama kita sebelum mengikuti kontes seo. Pahami aturan kontes seo, jangan sampai ada yang terlewatkan jika perlu baca dan ulangi terus-menerus hingga anda mengerti betul aturan kontes. Jika ada yang tidak mengerti, biasanya penyelenggara akan mencatumkan alamat contact/form yang dapat dihubungi untuk mempertanyakan seputar aturan kontes seo. Misalnya jika anda mengikuti kontes seo dan hanya membuat artikel seputar kontes tanpa mencantumkan backlink apapun ke situs yang ditentukan, padahal di aturan kontes tidak diperbolehkan untuk membuat artikel seputar kontes dan diwajibkan untuk mencatumkan backlink ke situs yang ditentukan. Ini sering terjadi kepada teman-teman saya yang sering saya lihat pada beberapa kontes seo. Intinya pahami aturan kontes dan langsung dipraktekkan.

2. Fokuskan Pada Satu Kontes SEO Saja
Sudah saya katakan di atas bahwa tips-tips dari saya ini hanya diperuntukkan untuk blogger pemula yang ingin belajar kontes seo saja, bukan untuk master seo yang sudah lama berkecimpung di dunia kontes seo. Jika anda ingin mengikuti kontes seo, fokuskanlah pada satu kontes saja, jangan pikirkan yang lain. Yang sering menjadi masalah adalah waktu optimasi dan kurangnya penelitian terhadap kontes seo itu. Jika anda bermain di rumah sih gampang-gampang saja karena mempunyai koneksi tersendiri dan tidak mengeluarkan uang untuk bayar warnet, tapi bagaimana dengan yang bermain di warnet? Yang kedua adalah kurangnya penelitian/perhatian pada kontes seo itu sendiri. Jika anda pertama kali mengikuti kontes seo, mungkin dapat saya sarankan untuk fokus pada satu kontes, mengapa? Nah pada kontes seo disini kita akan mencari pengalaman, bukan kemenangan. Jika anda mengikuti satu kontes saja, anda dapat melakukan perhatian penuh terhadap kontes seo itu, termasuk optimasi artikel dan mencari kelemahan-kelemahan peserta kontes lainnya. Saya rasa akan sulit dan mustahil jika baru pertama kali baru mengikuti kontes seo dan langsung menang, aneh bukan? Kecuali jika anda merupakan master seo saya rasa tips ini tidak berlaku. :)

3. Jangan Lengah dan Teruslah Optimasi
Ini paling sering saya alami dan juga teman-teman mungkin pernah mengalaminya. Pada saat mengikuti kontes seo, selang beberapa hari/minggu kemudian artikel yang anda optimasi ternyata masuk 5 besar bahkan 3 besar ataupun posisi #1. Nah disini merupakan ujian dan gangguan bagi anda, karena disinilah kelemahan-kelemahan peserta kontes seo biasanya. Pada saat mencapai posisi yang memuaskan seperti itu, teruslah mengoptimasi dan jangan sampai lengah hanya karena kepuasaan sesaat seperti itu, padahal waktu kontes masih beberapa bulan lagi. Saya sering melihat beberapa master seo, mereka biasanya tidak puas sesaat dan masih berada di posisi yang jauh pada awal-awal kontes. Tapi mereka tidak pesimis dan optimasi hingga akhir kontes, buktinya mereka memang menang. Ingat kontes seo "butuh ketepatan bukan kecepatan" dari artikel kontes. Begitu pula sebaliknya, misalnya anda mengikuti kontes seo tapi selang beberapa minggu posisi artikel tidak naik-naik. Jangan pesimis dulu, mungkin saja ada tehnik yang masih kurang atau masih perlu diperbaiki pada optimasi anda, dan teruslah mengoptimasi hingga akhir. Tanyakanlah pada master-master seo yang berpengalaman, namun jika anda kekurangan/bingung mencari tempat bagi diskusi blogger, silakan anda bergabung di grup Diskusi Blogger Pemula yang mungkin anggota-anggota disana dapat membimbing anda. Intinya jangan terlalu senang dulu, masih ada yang jauh lebih hebat di atas kita, dan jangan sampai lengah dan teruslah berusaha.

Hati-hati Dengan Kontes SEO!

Lah maksud kamu apa Den? Tidak bermaksud apa-apa kok, namun saya hanya memberi tahu bahwa setiap apa yang dilakukan pasti mempunyai hal positif dan negatifnya, begitu pula dengan kontes seo. Jika dilihat secara sekilas kontes seo memang memberikan dampak positif yang banyak sekali, namun jika diteliti kontes seo juga akan memberikan dampak negatif yang membuat anda harus berhati-hati dan berpikir ulang sebelum mengikuti kontes seo. Silakan baca artikel saya mengenai bahaya kontes seo untuk mempelajari lebih lanjut tentang tips ini.

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan mengenai optimasi kontes seo. Dan ingat, isi artikel ini merupakan hasil dari pengalaman saya sendiri, silakan berikan kritik dan sarannya jika saya ada salah asumsi. :) Untuk optimasi yang lebih lanjut mungkin lain waktu dapat saya tuliskan selagi menunggu bahan-bahan postingan yang mencukupi pada blog ini. Semoga bermanfaat.

Source: http://daw-xp.blogspot.com/2012/02/optimasi-kontes-seo.html

0 comments:

Post a Comment

Lagi Hot