Sunday, May 27, 2012

Tips Install XAMPP server

Tips Install XAMMP server - Tips Install XAMPP server Joomla! mensyaratkan PHP, mySQL, dan web server untuk dapat menjalankannya. Salah satu software yang mencakup keseluruhan persyaratan tersebut adalah Xampp. Xampp tidak saja mencakup PHP, mySQL, dan Apache web server tetapi juga kelengkapan pendukung lainnya seperti phpMyAdmin, dan FileZilla FTP Server.

Tips Install XAMPP server
Upload by : Youshie.com
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tata cara install xampp, sangat disarankan untuk menyiapkan file Installer xampp terlebih dahulu sehingga dapat langsung dipraktekkan.

Saat tulisan ini dibuat, installer Xampp for windows tersedia dalam versi 1.7.3 dan berukuran sekitar 51,1 MB. Anda dapat mendapatkannya secara gratis dengan mendownloadnya langsung di apachefriends.org.
Setelah siap, lakukan install xampp dengan cara seperti berikut:

  1. Aktifkan file xampp-win32-1.7.3-installer.EXE,
  2. Ikuti petunjuk di layar untuk proses install,
  3. Selanjutnya Anda akan diminta melakukan setting XAMPP melalui tampilan “Windows Command”. Ikuti langkah 4 s/d 9 berikut ini:
  4. Isikan “y” pada baris pertanyaan “Should I add shortcuts to the startmenu/desktop? (y/n):” Lanjutkan dengan tekan tombol ENTER.
  5. Isikan “y” pada baris pertanyaan “Should I procedd? (y/x=exit setup):”. Lanjutkan dengan tekan tombol ENTER.
  6. Isikan “n” pada baris pertanyaan “your choice? (y/n):”. Lanjutkan dengan tekan tombol ENTER.
  7. XAMPP telah siap untuk digunakan. Tekan tombol ENTER untuk melakukan setting otomatis file php.ini dan my.ini.
  8. Tekan tombol ENTER sekali lagi untuk melanjutkan, Isikan “x” pada baris pertanyaan “Please choice (1-7/x):”.
  9. Terakhir, akhiri proses install dan setting XAMPP dengan sekali lagi menekan tombol ENTER.
  10. Selesai. PC/Laptop Anda sekarang telah terinstallXAMPP dan siap digunakan untuk mulai membuat website Joomla!.

XAMPP, khususnya module Apache dan MySQL, harus diaktifkan terlebih dahulu untuk dapat menjalankan website Joomla!. Caranya adalah:

  1. Aktifkan Control Panel XAMPP dengan meng-klik dua kali icon XAMPP yang ada di desktop atau dari START| All Programs|Apache Friends|XAMPP|XAMPP Control Panel,
  2. Pada Control Panel XAMPP, module Apache dan MySql dengan cara meng-klik tombol START yang ada di samping kanan masing-masing module.

Sampai disini Anda telah selesai melakukan install paket software Web Server XAMPP, dan juga telah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan Service XAMPP. Ini berarti bahwa Anda sudah siap untuk mulai melakukan install Joomla!.
Semoga Bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Lagi Hot